Sholatlah Anda, sebelum Anda disholatkan orang lain dan Hisablah diri Anda, sebelum Anda dihisap di Yaumil Hisab...

Pesan kami

Sholatlah Anda, sebelum Anda disholatkan orang lain dan Hisablah diri Anda, sebelum Anda dihisap di Yaumil Hisab...

Amrullah Ibraim, S.Kom

Senin, 28 Februari 2011

Sujud

 
Hadits :

Dari Ibnu Abbas ra, berkata : Nabi Muhmmad SAW bersabda : Aku diperintah sujud diatas tujuh tulang dan dahi, dan beliau memberi isyarat dengan kedua tangannya ke hidung beliau, kedua tangannya, kedua lututnya dan kedua ujung kakinya, dan kami tidak menggabung pakaian dan rambut.(HR : Bukhari)


Dari Ibnu 'Abbas berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: "Aku diperintah untuk bersujud (dalam riwayat lain; Kami diperintah untuk bersujud) dengan tujuh (7) anggota badan; yakni kening sekaligus hidung, dua tangan (dalam lafadhz lain; dua telapak tangan), dua lutut, jari-jari kedua kaki dan kami tidak boleh menyibak lengan baju dan rambut kepala." (H.R. oleh Al-Jama'ah) 
 
Cara mekaksanakan : 
 

Sujud bertumpu pada tujuh anggota sujud, yaitu dahi (yang termasuk di dalamnya) hidung, dua telapak tangan, dua lutut dan ujung dua tapak kaki. Hendaknya diperhatikan agar dahi dan hidung betul-betul mengenai lantai, serta merenggangkan bagian atas lengannya dari samping badannya dan tidak meletakkan lengannya (hastanya) ke lantai dan mengarahkan ujung jari-jarinya ke arah kiblat. 

Zikir yang dibaca :
  • Subhaana rabbiyal a'laa wa bihamdih, 3 kali artinya : “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan dengan memuji kepadaNya” (H.R. oleh Al Imam Abu Dawud dll)

  • Subhaanakallaahumma rabbanaa wa bihamdika allaahummaghfirlii (H.R.  Al iImam al-Bukhari dan Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar